Waspada, 6 Makanan Ini Bisa Sebabkan Jerawat !

0
4398

Harmoni.id – Kadang-kadang, pola makan yang disalahkan untuk jerawat yang muncul pada kulit kita. Walau makanan memang bukan satu-satunya penyebab jerawat, tetapi makanan dapat meningkatkan risiko itu.

Kalau kamu sudah mencoba setiap produk kecantikan yang tersedia di pasaran untuk menyingkirkan jerawat, saatnya untuk memikirkan kembali tentang pentingnya diet kamu.

Umumnya, jerawat adalah mimpi terburuk bagi setiap remaja. Di bawah ini adalah daftar makanan yang menyebabkan jerawat, sehingga kamu dapat waspada dari asupan makanan yang tidak sehat.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari jerawat, tetapi temuan ini masih belum jelas.

Namun, sebagian besar peneliti telah menemukan makanan umum yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Jadi, baca terus ya, untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan apa saja yang menyebabkan jerawat.

1. Susu skim

Ilustrasi. (Foto: stethnews.com)
Ilustrasi. (Foto: stethnews.com)

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang secara teratur mengkonsumsi susu empat kali sehari, lebih mungkin untuk memiliki jerawat dibandingkan orang yang tidak melakukan itu. Ini harus dilihat juga dari kandungan protein yang berbeda antara susu skim dan susu pasteurisasi.

2. Es Krim

Ilustrasi. (Foto: youtube.com)
Ilustrasi. (Foto: youtube.com)

Penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi es krim dapat menyebabkan jerawat. Kandungan gula dalam makanan ini bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

3. Kripik kentang

Ilustrasi. (Foto: recipeshubs.com)
Ilustrasi. (Foto: recipeshubs.com)

Makanan ini adalah penyebab terbesar munculnya jerawat. Karbohidrat yang ada dalam kentang, memiliki indeks glikemik tinggi yang menyebabkan peradangan dan juga dapat menyebabkan jerawat pada kulit.

4. Coklat

Ilustrasi. (Foto: playbuzz.com)
Ilustrasi. (Foto: playbuzz.com)

Studi menunjukkan bahwa susu dan gula disebut sebagai penyebab jerawat. Kombinasi dua bahan ini bisa menjadi kombinasi mematikan bagi kulit, dan bekasnya dapat dilihat selama berhari-hari.

5. Makanan Pedas

Ilustrasi. (Foto: aryzauq.tv)
Ilustrasi. (Foto: aryzauq.tv)

Para peneliti menunjukkan bahwa munculnya jerawat bisa dihubungkan dengan tingginya konsumsi makanan pedas yang dapat memperburuk jerawat. Mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu pedas, lebih sehat dan juga baik untuk kesehatan kamu secara keseluruhan.

6. Keju

Ilustrasi. (Foto: foodcrave.com)
Ilustrasi. (Foto: foodcrave.com)

Keju cenderung memicu ledakan hormon insulin dalam tubuh kamu, yang membantu sel-sel kamu  menyerap lebih banyak gula. Karena sirkulasi insulin yang lebih pada aliran darah kamu, akan hadirkan jerawat lebih banyak lagi.

Itulah beberapa makanan yang justru dapat meningkatkan risiko jerawat, sebagaimana dilansir boldsky. [Harmoni.id/ANW]