10 Cara Cerdas Untuk Menghemat Tagihan Listrik Anda

0
1218

Harmoni.id – Naiknya tagihan listrik dapat merusak rencana anggaran Anda. Untuk menyeimbangkan pendapatan Anda dengan pengeluaran Anda, Anda harus sangat berhati-hati tentang tagihan listrik Anda juga.

Untuk menghemat tagihan listrik, setiap orang dalam keluarga memiliki peran.

Hal ini dapat seperti mematikan perangkat listrik setelah digunakan untuk perawatan dan servis yang tepat dari peralatan listrik.

Sebelum mencoba 10 cara ini untuk menghemat uang pada tagihan listrik Anda, Anda harus memahami berbagai peralatan yang menggunakan lebih banyak daya. Setelah Anda memperhatikan ini, maka akan mudah bagi Anda untuk menemukan cara untuk mengurangi tagihan listrik.

 

1. Perawatan AC

Ilustrasi. (Foto: ac2015.net)
Ilustrasi. (Foto: ac2015.net)

Dapatkan perawatan yang tepat dan servis untuk AC Anda, terutama sebelum menggunakannya di musim kemarau. Juga, perlu pengaturan suhu yang benar. Ini adalah salah satu di antara 10 cara untuk menghemat tagihan listrik.

2. Berikan Ventilasi yang lebih baik

Ilustrasi. (Foto: ideaonline.co.id)
Ilustrasi. (Foto: ideaonline.co.id)

Jika Anda dapat memberikan ventilasi yang tepat untuk ruangan Anda, maka akan menjadi solusi yang terbaik untuk mengurangi penggunaan AC, kipas angin dan lampu. Sebuah kontrol dalam hal ini pasti akan membantu untuk mengurangi tagihan listrik.

3. Mesin cuci

Ilustrasi. (Foto: stvaappliancerepair.com)
Ilustrasi. (Foto: stvaappliancerepair.com)

Apakah Anda menggunakan mesin cuci Anda setiap hari? Jika demikian, sekarang saatnya untuk mengubah kebiasaan ini. Gunakan mesin cuci setelah Anda memiliki cukup kain untuk mengisi mesin.

4. Pipa yang Tepat

Ilustrasi. (Foto: ajbuerkle.com)
Ilustrasi. (Foto: ajbuerkle.com)

Kebocoran air melalui pipa yang rusak adalah salah satu alasan utama mengapa tangki air Anda menjadi kosong dengan cepat. Ini akan membutuhkan frekuensi lebih untuk memompa air dan ini akan menambah biaya tambahan tagihan listrik Anda.

5. Mesin Cuci Piring

Ilustrasi. (Foto: digitaltrends.com)
Ilustrasi. (Foto: digitaltrends.com)

Strategi yang kita bahas untuk mesin cuci, akan cocok dengan mesin pencuci piring juga. Gunakan mesin cuci piring hanya bila sampai terisi penuh. Ini adalah salah satu di antara 10 cara untuk menghemat tagihan listrik Anda.

6. Peralatan Dan Elektronik

Ilustrasi. (Foto: blog.doctoroz.com)
Ilustrasi. (Foto: blog.doctoroz.com)

Pastikan bahwa semua peralatan listrik Anda berada dalam kondisi yang baik untuk memastikan penggunaan listrik yang efektif. Peralatan yang rusak dan sangat tua pasti akan mengkonsumsi banyak energi.

7. Power Strip

Ilustrasi. (Foto: indesignlive.co.id)
Ilustrasi. (Foto: indesignlive.co.id)

Ini adalah ide yang efektif untuk menghubungkan semua peralatan listrik Anda ke satu unit daya. Hal ini membuatnya mudah untuk mematikannya secara bersama-sama. Ini adalah salah satu dari 10 cara untuk menghemat tagihan listrik.

8. Gunakan Lampu LED

Ilustrasi. (Foto: energy.gov)
Ilustrasi. (Foto: energy.gov)

Penggunaan lampu LED dapat mengurangi sebagian besar tagihan listrik Anda. Bola lampu biasa, menggunakan jumlah listrik jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan lampu LED.

9. Matikan Setelah Digunakan

Ilustrasi. (Foto: uskandrailwayinn.com)
Ilustrasi. (Foto: uskandrailwayinn.com)

Ini adalah hal yang paling sederhana yang bahkan anak-anak dapat melakukannya untuk mengurangi tagihan listrik. Pastikan mendidik semua orang di rumah untuk mematikan semua peralatan listrik dan cabut perangkat elektronik setelah mereka selesai menggunakannya.

10. Gunakan Tenaga Surya

Ilustrasi. (Foto: pelajaricaranya.blogspot.com)
Ilustrasi. (Foto: pelajaricaranya.blogspot.com)

Menggunakan energi matahari saat ini menjadi sangat populer. Ini akan membutuhkan investasi besar di awal, tapi setelah dipasang, Anda dapat menggunakan ini dengan efisien tanpa takut mengubah tagihan listrik, karena membantu menghemat banyak penggunaan energi.

Dengan kemajuan teknologi, penggunaan perangkat listrik dan elektronik telah meningkat pesat. Yang paling penting tentang ini adalah bahwa banyak dari peralatan ini mengkonsumsi listrik secara otomatis, di mana kita biasanya mengabaikan untuk memeriksa penggunaan daya tersebut, yang akhirnya mendapatkan tagihan besar setiap bulannya. Sebagaimana dilansir boldsky. [Harmoni.id/ANW]