Lebih Awal 5 Menit Adalah Tepat Waktu; Tepat Waktu Adalah Terlambat; Terlambat Tidaklah Dapat Diterima

0
994
Ilustrasi. (Foto: farmersalmanac.com)
Ilustrasi. (Foto: farmersalmanac.com)

Harmoni.id – Ini adalah resep mujarab untuk meningkatkan nilai diri Anda. Ini akan membantu Anda lebih bahagia, dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Ini produk farmasi baru revolusioner yang disebut, “Tidak Ada Lagi Kata Terlambat”. Hanya satu dosis setiap hari, akan memungkinkan Anda untuk datang tepat waktu, dan akan sangat meningkatkan kehidupan Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda.

Dalam bercanda sekalipun, datang terlambat adalah hal yang tidak dapat diterima. Meskipun ini  terdengar keras, tetapi itu adalah kebenaran dan sesuatu yang harus disampaikan lebih sering. Tidak peduli acara apapun yang Anda hadiri, jika Anda menghadiri sebuah pesta makan malam, panggilan konferensi, atau sebuah pertemuan minum kopi- ketepatan waktu Anda mengatakan banyak hal tentang Anda.

Datang terlambat, sangatlah mengganggu. Sepertinya kebanyakan orang menganggap waktu pertemuan atau deadline adalah hal sepele. Ketika dibahas tentang hadir tepat waktu, biasanya sebagian orang akan menganggapnya aneh dan menolaknya bahkan dengan kata-kata kasar.

Ada alasan ketika kita menetapkan waktu pertemuan dan deadlines. Hal ini memungkinkan untuk upaya koordinasi, meminimalkan terbuangnya waktu / tenaga, dan membantu menentukan tingkat kepuasan. Pikirkan berapa banyak yang akan dapat dilakukan jika semua orang hanya “santai” dan “mengikuti arus?” Ini akan menjadi definisi dari inefisiensi.

Ketika melewatkan waktu meeting, atau deadline, itu adalah hal yang tidak baik, tetapi tampaknya diperhalus oleh rentetan kata-kata yang minta dimaklumi, seperti “Maaf, mas” “Ini memang salah saya,” dan “Kamu tahulah gimana ini terjadi”. Respon yang diinginkan adalah “semua itu baik-baik saja” tetapi kenyataannya adalah bahwa semua itu tidak baik-baik saja. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan dari hal tersebut.

  • Tidak sopan: Hadir tepat waktu adalah tentang rasa hormat. Ini sinyal bahwa Anda menghargai orang lain. Jika Anda tidak menghormati peserta meeting, mengapa Anda meeting dengan mereka di tempat pertama?
  • Luar biasa: Tidak, ini bukan dalam makna yang baik. Ketika Anda melewatkan waktu meeting atau deadlines, kredibilitas Anda dipertaruhkan. Jika Anda tidak dapat diandalkan untuk tepat waktu, bagaimana mungkin Anda bisa memiliki kredibilitas pada tugas-tugas yang jauh lebih sulit?
  • Tidak Perhatian: Secara tidak sengaja datang terlambat, menunjukkan kurangnya keseluruhan perhatian untuk kehidupan orang lain. Anda sebenarnya tidak peduli dengan hal ini.
  • Bermasalah: Sengaja terlambat adalah tentang kekuasaan. Ini menunjukkan kepada orang lain, atau orang-orang bahwa Anda adalah seorang yang “bermasalah besar” dan mendominasi dalam sebuah hubungan dengan sesama.
  • Tidak Menguntungkan: Mari kita pertimbangkan skenario di mana lima orang memiliki meeting pada pukul 14.00 WIB. Anda terlambat sepuluh menit dan membuang 40 menit waktu orang lain. Katakanlah bayaran perusahaan Rp 200.000 / jam. Apakah Anda akan mengganti dan membayar Rp 133.000? Ya, pasti akan ada seseorang yang melakukan hal itu.
  • Tidak Teratur: Jika Anda tidak dapat mengatur jadwal Anda sendiri, bagian lain mana dari kehidupan Anda yang juga mengalami kekacauan? Terlambat, adalah tanda terbaik bahwa Anda adalah orang yang kurang teratur.
  • Terlalu Sibuk-: Semua orang suka menyamakan kesibukan dengan kepentingan, tapi orang-orang yang benar-benar sukses tahu apa itu kesibukan. Memiliki jadwal sibuk yang terus menerus hanyalah tanda bahwa Anda tidak bisa memprioritaskan, atau mengatakan “tidak” pada orang lain.
  • Tidak Bertanggung jawab: Beberapa orang berlaku sewenang-wenang dengan memutuskan untuk tidak melakukan hal yang mereka sudah berkomitmen dengannya, justru di menit-menit terakhir. Ini sangat konyol.
  • Seorang megalomania (narsis): Beberapa orang benar-benar percaya bahwa dirinya adalah pusat dari alam semesta. Ini adalah hal yang sangat tidak menarik. Ini disebut juga sebagai Donald Trump Syndrome. Apakah Anda ingin dibandingkan dengan Donald Trump? Kadang-kadang hal darurat memang benar terjadi. Ketika itu terjadi, cobalah untuk memberikan penjelasan yang sangat rinci mengapa Anda terlambat, memohon maaf sebesar-besarnya, memastikan orang lain tahu bahwa Anda menganggapnya sangat serius, dan meyakinkan mereka bahwa itu tidak akan terjadi lagi.
      Memperhatikan ketepatan waktu adalah bukan tentang menjadi “tukang vonis,” atau menjadi orang penuh tekanan. Bahkan, ini justru sebaliknya. Ini membuka ruang untuk saling peduli, perhatian, dan menghadirkan orang-orang bijaksana yang Anda inginkan dalam hidup, apakah itu teman atau kolega. Pikirkanlah bagaimana akan tenangnya hidup Anda jika setiap orang melakukan apa yang mereka katakan akan lakukan? Tempat yang baik untuk memulai adalah dari diri sendiri dan motto besar itu adalah:

“Lebih awal 5 menit adalah tepat waktu. Tepat waktu adalah terlambat. Terlambat tidaklah dapat diterima.”

Sebagaimana dilansir dari Forbes. [Harmoni.id/ANW]