7 Tren Teknologi yang Akan Membuka Atau Menutup Banyak Karier

0
1149
level-iv-consulting.com

Harmoni.id – Tak peduli apapun bidang pekerjaan Anda, jika Anda berharap untuk maju dalam karier Anda, Anda perlu memperhatikan tren teknologi. Sudah banyak kejadian di masa lalu, bahwa teknologi baru, dapat mengambil alih, dan tiba-tiba saja orang-orang yang tidak bisa mengikuti teknologi tersebut, tidak lagi diperlukan.

Tapi dengan mendidik diri sendiri tentang teknologi apa yang baru, apa yang berkembang, apa yang akan menjadi hal besar berikutnya, Anda dapat membantu tech-proof dari karier Anda. Sebagaimana dilansir Forbes, di bawah ini data beberapa tren teknologi yang akan memberi dampak terbesar pada berbagai macam pekerjaan dan industri – baik di luar orang-orang di industri IT yang mengembangkan, membangun dan memeliharanya.

  • Big Data
io9.com
io9.com

Hampir pasti, big data, akan berdampak banyak pada karier dan bidang pekerjaan di masa depan. Sumber daya manusia, pemasaran, penelitian ilmiah dan medis, penelitian psikologis, pengembangan produk, layanan pelanggan, keuangan, dan manufaktur semua bidang luar IT akan dipengaruhi oleh big data.

  • Internet of Things
gigya.com
gigya.com

Internet of Things akan mempengaruhi banyak bisnis yang berbeda, dan itu berarti akan menyentuh banyak karier juga. Semua orang, dari orang yang merancang smart devices baru, ke pengembang aplikasi yang mengembangkan software untuk mengontrol perangkat tersebut, semuanya mengantarkan manusia menjadi tak berguna, sehingga menggunakan smart sensors untuk membedakan mana kaleng yang perlu dikosongkan, akan ikut terpengaruh seiring teknologi ini terus mengambilnya.

  • Mobile
kaseiq.blogspot.com
kaseiq.blogspot.com

Mobile telah menjadi besar untuk sementara waktu, dan banyak karier yang telah diciptakan dalam pengembangan hardware, software, dan layanan yang terkait dengan itu. Tapi secepatnya kita akan melampaui mobile untuk komputasi di mana-mana. Ini akan mencakup perangkat yang dapat dipakai, perangkat yang dipasang di dinding dan pada peralatan lain (seperti lemari es Anda). Semua ini akan mengubah cara kita memasarkan, menjual, berkomunikasi, berinovasi, berkolaborasi dan mendidik.

  • Cyber security
montgomerysummit.com
montgomerysummit.com

Permintaan untuk cyber security dan bidang terkait cyber forensics, akan tumbuh. Bahkan jika Anda tidak membuat keamanan pada karier Anda, banyak karier orang lain yang akan bergantung pada seberapa baik mereka memperhatikan dan memprioritaskan cyber security dalam perusahaan mereka.

  • E-Asisten
blog.spoken.com
blog.spoken.com

Saat sistem seperti Siri dan Cortana kadang-kadang berguna dan kadang-kadang mengundang tawa yang belum terlalu berguna sekarang, kita berada di titik puncak dari munculnya e-asisten, program yang akan dapat membantu dalam berbagai bidang. Dalam waktu dekat, semua orang akan memiliki Siri-seperti asisten untuk membantu pekerjaan mereka. Jadi tidak hanya akan kita gunakan mereka dalam karier kita, kita juga akan membutuhkan lebih banyak orang yang memahami bagaimana membangun program, dan memeliharanya.

  • Social
premedhq.com
premedhq.com

Social, bukan hanya tentang Facebook lagi. Banyak perusahaan yang mengintegrasikan aspek jaringan sosial ke dalam front end dan sistem back end. Banyak merek, membuat jaringan sosial mereka sendiri di mana pelanggan dan penggemar bisa berinteraksi, sementara perusahaan menggunakan aplikasi back-end yang canggih untuk membantu karyawan berkomunikasi di luar email secara real time. Menggunakan sistem ini akan ada dimana-mana, sebagai keinginan untuk membangun dan memeliharanya.

  • Gamification
cw.iabc.com
cw.iabc.com

Gamification akan semakin banyak masuk ke kehidupan kita, bukan karena itu adalah hal baru, tapi karena terbukti secara psikologis terbukti bekerja. Perusahaan seperti Microsoft menggunakan gamification untuk memotivasi tenaga penjualan mereka, sementara entitas lain menggunakannya dalam pendidikan dan pengembangan pribadi. Peluang di arena ini tumbuh sepanjang waktu.

  • Cloud Komputing
taylored.com
taylored.com

Jika Anda belum memilikinya, Anda akan segera memasuki cloud. Sangat banyak bisnis sekarang mengambil aplikasi internal mereka dan data ke cloud karena data sebenarnya lebih aman dan lebih mudah untuk dikontrol. Aplikasi office berbasis cloud, seperti Google Docs, sudah menyalip rekan satu stasiun mereka dalam kegunaannya. Bahkan, postingan ini ditulis dalam Google Docs dan disimpan di cloud sebelum diposting di sini.

  • Video Communications
inblurbs.com
inblurbs.com

Anda dapat mengatakan bahwa Anda tinggal di masa depan, karena video communications telah ada di sini! Sebagaimana teknologi video yang meningkat sepanjang waktu, konferensi video dan komunikasi akan terus berkembang sebagai sebuah bidang. Jika Anda belum menemuinya, Anda akan hampir pasti segera menemukan bahwa pertemuan konferensi digantikan oleh video chat, entah dengan orang di gedung sebelah atau di seluruh dunia.

Dengan mengetahui perkembangan kemajuan di bidang ini, dan bahkan hanya dengan memahami apa mereka, dan bagaimana mereka mungkin akan berdampak pada pekerjaan yang Anda lakukan, Anda dapat membantu untuk tech-poof diri Anda sendiri dan karier Anda di dalam lingkungan yang terus  berubah. [ANW]