11 Hal yang Orang Cerdas Tak akan Mengatakannya di Tempat Kerja

0
5258
thehayesapproach.com

Harmoni.id – Ada beberapa hal yang tidak pernah Anda ingin katakan di tempat kerja. Kata-kata ini membawa kekuatan khusus: mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat Anda terlihat buruk bahkan ketika kata-kata itu benar.

Hal yang terburuk dari semuanya, tidak ada yang bisa mengembalikannya lagi, begitu kata-kata itu keluar. Ini bukan tentang tergelincirnya lidah, atau lelucon yang aneh. Itu bukan satu-satunya cara untuk membuat diri Anda terlihat buruk.

Seringkali itu adalah komentar halus-orang menggambarkan kita sebagai orang yang tidak kompeten dan tidak percaya diri- Itulah kerusakan paling besar.

Tidak peduli seberapa berbakat Anda atau apa yang Anda capai, ada kata-kata tertentu yang langsung dapat mengubah cara orang melihat Anda dan selamanya dapat melemparkan Anda dalam pandangan yang negatif. Ungkapan-ungkapan ini begitu sarat dengan implikasi negatif yang dapat merusak karier dalam waktu singkat.

Berikut ini adalah 11 hal yang orang cerdas tak akan mengatakannya di tempat kerja, sebagaimana dilansir Forbes. Berapa banyak dari penghancur karier ini yang telah Anda dengar akhir-akhir ini di kantor?

  1. “Ini tidak adil.”

Semua orang tahu bahwa hidup ini tidak adil. Mengatakan itu tidak adil menunjukkan bahwa Anda berpikir hidup seharusnya adil, yang membuat Anda terlihat tidak dewasa dan naif.

Jika Anda tidak ingin membuat diri Anda terlihat buruk, Anda harus tetap berpegang pada fakta-fakta, tetaplah konstruktif, dan tinggalkan interpretasi Anda untuk keluar dari itu. Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Saya melihat bahwa Anda memberikan si A proyek besar yang saya harapkan. Maukah Anda memberitahu saya, apa yang mendasari keputusan itu? Saya ingin tahu mengapa Anda pikir saya tidak cocok, sehingga saya bisa berusaha untuk meningkatkan skill tersebut. ”

  1. “Ini adalah cara yang sudah dari dulu dilakukan.”

Perubahan teknologi terjadi begitu cepat sehingga bahkan proses enam bulan yang lalu, bisa menjadi usang. Mengatakan ini adalah cara yang sudah dari dulu dilakukan, tidak hanya membuat Anda terdengar malas dan anti terhadap perubahan, tetapi bisa membuat atasan Anda bertanya-tanya mengapa Anda belum mencoba untuk memperbaiki hal-hal pada Anda sendiri. Jika Anda benar-benar melakukan seperti cara yang sudah dari dulu dilakukan, maka seharusnya ada jalan yang lebih baik.

  1. “Tidak ada masalah (no problem).”

Ketika seseorang meminta Anda untuk melakukan sesuatu atau berterima kasih kepada Anda karena  melakukan sesuatu, dan Anda mengatakan tidak masalah (no problem), maka Anda sedang menyiratkan bahwa permintaan mereka memang bermasalah.

Apa yang dapat Anda lakukan sebagai penggantinya adalah menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda senang melakukan pekerjaan Anda. Katakan sesuatu seperti “Dengan senang hati” atau “Saya akan senang mengerjakannya.” Ini perbedaan yang halus dalam bahasa, tapi satu itulah yang memiliki dampak besar pada orang lain.

  1. “Saya pikir … / Ini mungkin ide konyol … / Aku akan mengajukan pertanyaan bodoh.”

Ungkapan-ungkapan yang terlalu pasif ini, langsung mengikis kredibilitas Anda. Bahkan jika Anda mengikuti kata-kata ini dengan ide bagus, mereka mengira Anda kurang percaya diri, yang membuat orang-orang yang Anda ajak bicara, kehilangan kepercayaan kepada Anda.

Jangan menilai buruk diri Anda sendiri. Jika Anda tidak percaya diri dengan apa yang Anda katakan, orang lain juga tidak akan percaya. Dan, jika Anda benar-benar tidak tahu sesuatu, katakan saja, “Saya tidak memiliki informasi itu sekarang, tapi aku akan mencari tahu dan nanti aku akan datang kembali kepada Anda.”

  1. “Ini hanya akan membutuhkan satu menit.”

Mengatakan bahwa melakukan sesuatu hanya membutuhkan waktu satu menit, akan menurunkan kualitas skill Anda dan memberikan kesan bahwa Anda terburu-buru melakukan tugas-tugas. Kecuali Anda benar-benar akan menyelesaikan tugas dalam 60 detik, jangan ragu untuk mengatakan bahwa ini tidak akan lama, tapi tidak membuatnya terdengar seolah-olah tugas itu dapat dikerjakan dengan cepat dibanding tugas itu diselesaikan.

  1. “Aku akan mencoba.”

Seperti kata “aku pikir”, “mencoba” terdengar tidak pasti dan menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri dalam kemampuan Anda untuk menjalankan tugas. Ambillah kepemilikan penuh dari kemampuan Anda. Jika Anda diminta untuk melakukan sesuatu, baik Anda berkomitmen untuk melakukannya atau menawarkan alternatif, tapi jangan katakan bahwa Anda akan mencoba karena itu terdengar sepertinya Anda tidak akan mencoba dengan keras.

  1. “Dia malas / tidak kompeten / brengsek.”

Tidak ada yang terbalik dari membuat ucapan pernyataan yang meremehkan tentang seorang rekan. Jika ucapan Anda akurat, semua orang sudah tahu itu, jadi tidak perlu menunjukkan itu. Jika komentar Anda tidak akurat, kaulah yang akhirnya tampak seperti brengsek.

Akan selalu ada orang-orang kasar atau tidak kompeten di tempat kerja manapun, dan kemungkinan bahwa semua orang tahu siapa mereka. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membantu mereka atau memecat mereka, maka Anda tidak memiliki keuntungan dengan menyiarkan kebodohan mereka. Mengumumkan ketidakmampuan kolega Anda, terlihat sebagai rasa tidak aman Anda, untuk membuat Anda terlihat lebih baik. Perasaan Anda itu pasti akan datang kembali untuk menghantui Anda dalam bentuk opini negatif dari rekan kerja Anda.

  1. “Itu tidak ada dalam deskripsi pekerjaan saya.”

Kata-kata sarkastik yang paling sering ini, membuat Anda terdengar seolah-olah Anda hanya bersedia melakukan hal minimal yang diperlukan untuk terus mendapatkan gaji, yang merupakan hal yang buruk jika Anda ingin mengamankan pekerjaan Anda.

Jika atasan Anda meminta Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda rasa tidak pantas untuk posisi Anda (sebagai lawan moral atau etika tidak pantas), langkah terbaik adalah menyelesaikan tugas dengan penuh semangat. Kemudian, jadwalkan pertemuan dengan atasan Anda untuk mendiskusikan peran Anda di perusahaan dan apakah deskripsi pekerjaan Anda butuh diperbaharui. Ini untuk memastikan bahwa Anda terlindungi dari terlihat picik. Hal ini juga memungkinkan Anda dan atasan Anda untuk mengembangkan kesepahaman jangka panjang tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

  1. “Ini bukan salahku.”

Ini tidak akan pernah menjadi ide yang baik untuk melemparkan kesalahan. Bertanggung jawablah. Jika Anda memiliki peran-tak peduli seberapa kecil-dalam hal apa pun yang salah, ambil alihlah. Jika tidak, tawarkan secara objektif, jelaskan tentang apa yang terjadi. Berpegang pada fakta-fakta, dan biarkan atasan Anda dan rekan menarik kesimpulan sendiri tentang siapa yang harus disalahkan.

Saat Anda mulai menunjuk jari maka itu adalah saat orang-orang mulai melihat Anda sebagai seseorang yang tidak memiliki tanggungjawab atas tindakannya. Hal ini membuat orang tidak tenang. Beberapa akan menghindari bekerja dengan Anda sama sekali, dan yang lain akan menyerang Anda dulu dan menyalahkan Anda ketika sesuatu berjalan tidak benar.

  1. “Saya tidak bisa.”

Aku tidak bisa, itu bukan kesalahan saya. Orang tidak suka mendengar kata saya tidak bisa karena mereka pikir itu berarti saya tidak mau. Mengatakan saya tidak bisa menunjukkan bahwa Anda tidak bersedia untuk melakukan apa yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan.

Jika Anda benar-benar tidak dapat melakukan sesuatu karena Anda benar-benar tidak memiliki skill  yang diperlukan, Anda perlu menawarkan solusi alternatif. Alih-alih mengatakan apa yang tidak dapat Anda lakukan, katakan apa yang dapat Anda lakukan. Misalnya, alih-alih mengatakan “Saya tidak bisa lembur malam ini,” katakan “Saya bisa datang besok pagi-pagi. Apakah bisa?” Daripada mengatakan, “Saya tidak dapat menyelesaikan angka-angka,” katakan saja, “Saya belum tahu bagaimana cara menjalankan jenis analisis seperti itu. Apakah ada seseorang yang bisa mengajari saya agar selanjutnya saya dapat melakukannya sendiri? ”

  1. “Saya benci pekerjaan ini.”

Hal terakhir yang orang ingin dengar di tempat kerja adalah seseorang mengeluh tentang seberapa besar mereka membenci pekerjaan mereka. Melakukan hal itu, akan membuat Anda dicap sebagai orang yang negatif dan menurunkan semangat tim. Seorang bos akan cepat bertindak pada penentang yang menurunkan semangat, dan mereka tahu bahwa selalu akan ada pengganti yang akan antusias menggantikannya.

Membawa Ini Semua Bersama

Menghilangkan kata-kata ini dari kosakata Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan. Kata-kata itu memiliki kecenderungan untuk menyelinap pada Anda, sehingga Anda harus mengendalikan sendiri sampai Anda telah terbiasa untuk tidak mengatakan hal itu. [ANW]