19 Arsitektur Islam yang Mengagumkan (bagian ke-2)

0
2712
Benteng Agra. (Foto: en.wikipedia.org)

Harmoni.id – Arsitektur Islam mencakup berbagai masjid, istana dan benteng di seluruh dunia, terutama di negara-negara yang ditaklukkan oleh umat Islam di abad ke-7. Jenis arsitektur mencakup berbagai gaya arsitektur, termasuk gaya Byzantium, gaya Ottoman, gaya Melayu Indonesia, dan gaya Somalia-Islam. Pengaruhnya mulai terwujud dalam bangunan Abbasiyah, dan masjid pusat-kubah selama Dinasti Umayyah yang relatif menampilkan menara, dan kubah. Berikut adalah 19 contoh mengagumkan dari Arsitektur Islam:

6. Masjid Agung Kairouan. Kairouan, Tunisia. 670 

(Foto : hdwpics.com)
(Foto : hdwpics.com)

Juga dikenal sebagai Masjid Uqba, Masjid Agung Kairouan dianggap salah satu masjid paling penting di Tunisia. Masjid ini merupakan salah satu tempat ibadah tertua di dunia Islam dan merupakan salah satu monumen Islam yang paling mengesankan dan terbesar di Afrika Utara.

7. Masjid Nur-Astana. Astana, Kazakhstan. 2008

(Foto : cntravelre.com)
(Foto : cntravelre.com)

Terletak di Kota Astana di Kazakhastan, Masjid Nur-Astana merupakan masjid terbesar tidak hanya di Kazakhstan tetapi di seluruh Asia Tengah. Struktur yang terbuat dari kaca, beton, dan granit. Masjid ini memiliki kapasitas 5.000 jamaah dan tingginya melambangkan usia Nabi Muhammad ketika beliau mulai menerima wahyu.

8. Masjid Suleiman. Instanbul, Turki. 1550-1558

(Foto : almosafr.com)
(Foto : almosafr.com)

Masjid ini merupakan masjid kekhalifahan Ottoman yang terletak di Bukit Ketiga Istanbul. Sekarang adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Turki. Interiornya hampir persegi, dan di bagian depannya ada sebuah halaman monumental seperti kebanyakan masjid. Dirancang secara khusus dengan struktur kompleks yang berdekatan.

9. Masjid Rustem Pasha. Instanbul, Turki. 1561-1563

(Foto : promptguides.com)
(Foto : promptguides.com)

Masjid Ottoman lain yang terletak di Istanbul, Turki, Masjid Rustem Pasha dibangun di teras tinggi di atas sebuah kompleks toko berkubah. Masjid ini adalah yang paling terkenal untuk jumlah yang besar dari ubin Iznic indah diatur dalam desain bunga dan geometris.

10. Masjid Agung Djenne, Mali Djenne, Mali. 1907

Masjid Agung Djenne. (Foto: theartsdesk.com)
Masjid Agung Djenne. (Foto: theartsdesk.com)

Masjid Agung Djenne dianggap sebagai salah satu prestasi terbesar dari arsitektur Islam, terutama gaya Sudao-Sahel. Terletak di Djenne, Mali, itu adalah masjid pertama di tempat tersebut dan merupakan salah satu landmark yang paling terkenal di Afrika saat ini. Bangunan dari lumpur terbesar di dunia.

11. Benteng Agra. Agra, Uttar Pradesh, India. Abad ke-11

Benteng Agra. (Foto: en.wikipedia.org)
Benteng Agra. (Foto: en.wikipedia.org)

Adik monumen Taj Mahal yang terkenal, Benteng Agra adalah situs Warisan Dunia UNESCO lainnya. Ini adalah benteng batu bata dengan rencana berbentuk setengah lingkaran, dengan dindingnya setinggi tujuh kaki tinggi. Pada tahun 2004, benteng ini memenangkan Aga Khan Award untuk Arsitektur.

Bersambung….