19 Arsitektur Islam yang Mengagumkan (bagian ke-1)

0
689

Harmoni.id – Arsitektur Islam mencakup berbagai masjid, istana dan benteng di seluruh dunia, terutama di negara-negara yang ditaklukkan oleh umat Islam di abad ke-7. Jenis arsitektur mencakup berbagai gaya arsitektur, termasuk gaya Byzantium, gaya Ottoman, gaya Melayu Indonesia, dan gaya Somalia-Islam. Pengaruhnya mulai terwujud dalam bangunan Abbasiyah, dan masjid pusat-kubah selama Dinasti Umayyah yang relatif menampilkan menara, dan kubah. Berikut adalah 19 contoh mengagumkan dari Arsitektur Islam:

1. Masjid Selimiye. Edirne, Turki. 1569-1575

Foto : fau2i.blogspot.com
Foto : fau2i.blogspot.com

Dibangun oleh Arsitek Mimar Sinan, masjid Ottoman ini terletak di Edrine, Turki dianggap sebagai salah satu prestasi tertinggi arsitektur Islam. Dengan fitur sistem dukungan oktagonal melalui delapan pilar. Ia juga memiliki empat kubah dan lengkungan dari pilar.

2. Masjid Sixty Dome. Bagerhat, Bangladesh. 1442-1459

(Foto : worldfortravel.com)
(Foto : worldfortravel.com)

Lebih dikenal sebagai Masjid Gambuj Shait atau Saith Gunbad Masjid, Masjid Sixty Dome sering diakui sebagai monumen Muslim yang paling mengesankan di seluruh benua India. Masjid ini memiliki dinding batu bata biasa tebal dan meruncing.

3. Dome of the Rock. Yerusalem. 691 

(Foto : turkessence.com.au)
(Foto : turkessence.com.au)

The Dome of the Rock terletak di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. Selesai dibangun di masa Khalifah Umayyah Abdal-Malik. Interior yang dihias dengan mosaik, marmer, dan bagian luarnya ditutupi dengan ubin.

4. Masjid Agung Damaskus. Kota Tua Damaskus. 715 

(Foto : cerminislam.wordpress.com)
(Foto : cerminislam.wordpress.com)

Juga dikenal sebagai Masjid Umayyah, Masjid Agung Damaskus merupakan salah satu yang terbesar dan tertua masjid di dunia dan dianggap tempat tersuci keempat dalam Islam. Bangunan berbentuk persegi panjang dan halaman yang tertutup dengan eksterior empat dinding. Sejak selesai dibangun, masjid ini telah menjadi model percontohan untuk arsitektur masjid jemaat di Suriah.

5. Masjid Agung Samarra. Samarra, Irak. 847-861 Masehi

(Foto : versesofuniverse.blogspot.com)
(Foto : versesofuniverse.blogspot.com)

Masjid Agung Samarra adalah masjid abad ke-9 yang diselesaikan oleh Khalifah Abbasiyah Al-Mutawakkil. Fitur yang paling luar biasa adalah menara, Menara Malwiya, yang merupakan spiral kerucut besar setinggi 52 meter dan lebar 33 meter. Masjid ini memiliki 17 lorong dan dindingnya yang berpanel dengan mosaik kaca biru gelap.

Bersambung…