(Video) Jika Bumi Tiba-Tiba Berhenti Berputar: Matahari Terbit dari Barat dan Seluruh Benda Berterbangan

0
1923

Harmoni.id – Bumi berputar dengan kecepatan lebih dari 1000 mil/jam atau lebih dari 1609,34 km/jam. Jika bumi tiba-tiba berhenti berputar, dampaknya akan menjadi bencana besar.

Sebuah video yang dibuat oleh Kevin Reilly dan dipublikasikan di Tech Insider (1/10/2015), mencoba mengilustrasikan peristiwa tersebut.

Salah satu hal yang akan terjadi ketika itu adalah bahwa seluruh benda dan makhluk yang tidak mencengkeram secara kuat di bumi tiba-tiba akan beterbangan dengan kecepatan lebih dari 1609,39 km/jam. Hal ini termasuk atmosfer, serta timbulnya angin yang kuat seperti ledakan atom.

Selain itu, momentum yang terjadi akan menimbulkan sebuah tsunami raksasa yang menyapu lebih dari 27,4 Km daratan dalam waktu kurang dari 1 menit.

Selanjutnya, 1 hari di bumi akan membutuhkan waktu setara dengan 365 hari ketika bumi berputar secara normal. Selama itu akan terjadi “6 bulan” di bawah terik matahari, diikuti dengan “6 bulan” malam yang sangat dingin. Matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur hanya sekali setahun.

Kejadian lainnya, samudera akan bermigrasi ke kedua kutub di mana gravitasi di tempat itu merupakan gravitasi terkuat. Hal ini menyebabkan terbentuknya samudera super besar dan sebuah benua di tengah-tengah.

Kejadian lain selengkapnya, dapat disimak pada video tersebut. (harmoni.id/hdn)