(Video) Inilah Alasan Jangan Lakukan ‘Tailgating’ dan “Brake Check” Saat Mengendarai Mobil

0
1652

Harmoni.id – Tailgating adalah tindakan mengikuti kendaraan di depan dengan jarak yang terlalu dekat, misalnya kurang dari 2 detik di belakang.

Sedangkan ‘brake check’ (atau brake test) adalah tindakan pengemudi untuk uji rem kepada pengemudi lainnya ketika mereka berdua mengemudi dengan jarak sangat dekat.

Sebuah video yang diunggah oleh Ryan Seiler ke YouTube tanggal 10 Maret 2016 menggambarkan ada pengendara mobil yang melakukan tailgating kepada mobil di depannya. Lalu mobil yang berada di depan itu melakukan brake check sehingga mobil yang melakukan tailgating di belakang mengalami kecelakaan.

Video tersebut memberikan hikmah kepada kita agar tidak melakukan tailgating dan brake check. Kedua hal tersebut mungkin bisa dilakukan kalau kita sedang melakukan balapan mobil atau motor resmi di arena balap. Tapi tailgating dan brake check saat mengendarai mobil di jalan umum sebaiknya dihindari.

Jika ada seorang pengendara terlalu lambat berada di jalur cepat (jalur cepat di Indonesia ada pada lajur kanan), maka jangan justru mendekatinya, hindari dan jaga jarak. Mungkin orang itu masih belum lancar cara mengemudinya.

Dan jika ada seseorang melakukan tailgating di belakang Anda, maka sebaiknya tetap tenang, kita ambil lajur lain untuk berikan dia jalan. Mungkin dia sedang terburu-buru atau mungkin dia juga masih belum tertib mengemudinya (bawaannya mau ngebut).

Mari kita berkendara dengan tertib dan berdoalah sebelum mengendarai kendaraan Anda. (harmoni.id/hdn)