(Video) Sebenarnya, Apakah Warna Bulan Itu?

0
847

Harmoni.id – Jika dilihat dari jauh, bulan tampak berwarna putih perak. Tapi jika dilihat dari foto saat pendaratan di permukaan bulan, dia terlihat seperti abu-abu gelap.

Sebagian orang mengatakan bahwa perbedaan warna ini karena peristiwa pendaratan di bulan itu palsu. Terlepas dari benar tidaknya hal itu, sebenarnya apakah warna bulan itu?

Hal ini tidak terlepas dengan yang namanya “ilusi optis”. Ilusi optis, atau yang kadang disebut ilusi visual, ditandai dengan gambar visual yang dirasakan berbeda dari realitas obyektif. Informasi yang diterima oleh mata diproses di otak untuk memberikan persepsi yang tidak cocok dengan ukuran fisik dari sumber stimulus.

Sebuah video mencoba menjawab pertanyaan di atas, “sebenarnya apakah warna bulan itu?”. Video tersebut diunggah ke YouTube oleh “It’s Okay To Be Smart” tanggal 12 Oktober 2015 dengan judul “What Color is The Moon?”.

Di awal video, pembawa acara mengatakan bahwa terdapat beberapa perbedaan dalam mempersepsikan warna bulan. Ada yang bilang bulan itu berwarna perak seperti aluminium. Ada juga yang mengatakan berwarna putih seperti awan. Ada juga yang bilang berwarna abu seperti kapur, perak seperti koin tua, atau abu-abu seperti trotoar.

Jadi, sebenarnya apakah warna bulan itu? Silakan simak videonya. (harmoni.id/hdn)