(Video) Beginilah Penampakan Medan Magnet Matahari

0
700

Harmoni.id – Ilmuwan dari NASA, Holly Gilbert, membuat sebuah pemodelan terhadap bentuk medan magnet matahari. Dengan pemodelan yang dibuatnya, kita dapat melihat seperti apa bentuk medan magnet matahari yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Model yang dinamakan Potential Field Source Surface (PFSS) Model tersebut dibuat dengan menggunakan komputer. Ilmuwan bidang matahari itu menjelaskan mengenai pemodelannya tersebut sebagai berikut:

Sistem magnetik sangat penting untuk diketahui agar kita dapat memahami sifat dari ruang pada sistem tata surya. Medan magnet matahari yang tidak terlihat bertanggungjawab terhadap segala sesuatu dari ledakan matahari yang menyebabkan cuaca di ruang angkasa dekat bumi, seperti aurora, hingga medan magnet antar planet dan radiasi di mana pesawat ruang angkasa melakukan perjalanan di sekitar tata surya.

Kita dapat mengamati bentuk medan magnet di atas permukaan matahari karena medan magnet tersebut mengarahkan gerakan plasma, materi dalam korona yang bersinar terang pada gambar EUV dan membentuk kurva atau menara. Selain itu, jejak pada permukaan matahari, atau fotosfer, dari kurva magnetik tersebut dapat diukur dengan tepat, menggunakan alat yang disebut dengan magnetograph, yang mengukur kekuatan dan arah medan magnet.

Para ilmuwan juga beralih ke model. Mereka mengombinasikan pengamatan mereka, pengukuran kekuatan medan magnet dan arah pada permukaan matahari, dengan pemahaman tentang bagaimana materi pada matahari bergerak dan tentang bagaimana kemagnetan mengisi gap di antaranya. Simulasi seperti model Potential Field Source Surface (PFSS), yang ditampikan pada video, dapat membantu menggambarkan dengan tepat bagaimana medan magnet berombak-ombak mengelilingi matahari. Model seperti PFSS dapat memberikan ide yang baik tentang bagaimana bentuk medan magnet pada area korona matahari dan bahkan pada bagian yang jauh dari matahari.

Video dengan resolusi lain dapat diunduh pada situs svs.gsfc.nasa.gov.

Penjelasan lebih detil mengenai medan magnet matahari dapat dibaca pada situs NASA. (harmoni.id/hdn)